Pages

Rabu, 12 Juni 2013

GATRANEWS - KLIK GATRA BARU BICARA
GATRANEWS, Berita Politik dalam dan Luar Negeri // via fulltextrssfeed.com
Sebelum Oktober Pembangunan MRT Harus Dimulai
Jun 12th 2013, 06:20

Created on Wednesday, 12 June 2013 13:20 Published Date

Jakarta, GATRAnews - DKI Jakarta memberikan keleluasaan kepada kontraktor pemenang tender pembangunan moda transportasi massal berbasis rel atau mass rapid transit (MRT), untuk segera melakukan pengerjaan fisik. Meski demikian, diharapkan sebelum Oktober 2013 pengerjaan sudah bisa dimulai.

Gubernur DKI Joko Widodo mengungkapkan, pengerjaan tidak harus menunggu kedatangan alat-alat berat. Karena mobilisisasi alat memerlukan waktu tambahan lagi, mengingat alat tersebut memiliki ukuran dan bobot yang sangat besar.

"Terserah kontraktor mau kapan, tapi kontraktor itu saya dorong, agar sebelum Oktober 2013 sudah dimulai (pengerjaan pembangunan fisik)," ungkapnya, Rabu (12/3) di Rawa Bebek, Penjaringan, Jakarta Utara.

Sejumlah alat berat, seperti tunnel boring (bor raksasa untuk membuat terowongan bawah tanah), kata Joko Widodo, juga harus didatangkan dari luar negeri. Antara lain, dari Jepang, Korea Selatan dan Jerman. Ukuran alat juga menjadi kesulitan tersendiri, bisa mencapai 2 - 3 lipat dari ukuran alat-alat biasa.

"Ini mobilisasi alat-besar, seperti tunnel boring, itu membawa dari Jerman dari Jepang. Itu gede sekali saya sudah lihat sendiri, butuh waktu lama," pungkasnya.

Satu hari sebelumnya, Selasa sore (11/6), Joko Widodo meminta groundbreaking atau peletakan batu pertama pembangunan MRT dapat dilakukan sebelum Oktober 2013. Dengan begitu, target penyelesaian mega proyek tersebut dapat sesuai rencana semula yakni pada tahun 2016.

Jokowi juga memastikan tidak akan ada revisi analisis mengenai dampak lingkungan (amdal) MRT. Amdal MRT sendiri telah dikeluarkan Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) DKI Jakarta sejak 2010 lalu.

Seperti diberitakan, dua konsorsium telah memenangkan tender untuk pembangunan tiga paket bawah tanah MRT. Konsorsium itu yakni, Shimizu-Obayashi-Wijaya Karya-Jaya Konstruksi dan Sumitomo Mitsui Construction Company (SMCC)-Hutama Karya. (*/Zak)

Berita Lainnya :

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions