Pages

Rabu, 12 Juni 2013

GATRANEWS - KLIK GATRA BARU BICARA
GATRANEWS, Berita Politik dalam dan Luar Negeri // via fulltextrssfeed.com
'History of the Eagles': Hotel California, Musik, Seks, dan Obat-obatan
Jun 11th 2013, 13:27

Created on Tuesday, 11 June 2013 20:27 Published Date

Timothy B Schmit, Glenn Frey, Don Henley, & Joe Walsh (REUTERS)Jakarta, GATRAnews - Hotel California mungkin menjadi salah satu lagu terpopuler di seluruh dunia. Lagu era rock klasik tersebut telah banyak dibawakan ulang seperti oleh grup Rascal Flatts, Gipsy Kings, atau Marilyn Manson. Lagu tersebut juga dianggap memiliki makna tersembunyi, bahkan dianggap sesat oleh kalangan gereja Amerika Serikat. Namun, Hotel California sebenarnya hanya sebuah lagu masterpiece karya tiga personil kelompok musik The Eagles yang diklaim bercerita tentang kehidupan kelas atas di Los Angeles.

Kisah perjalanan kelompok musik Eagles dijabarkan dalam film dokumenter bertajuk History of The Eagles, diproduksi oleh Universal Music Group. Pekan lalu, beberapa jurnalis dari Indonesia, India, dan Filipina, berkesempatan menyaksikan penayangannya di layar lebar Blitz Megaplex.

Film dokumenter ini telah dirilis pada 29 April 2013, berisi tiga buah cakram padat yang terdiri dari History of The Eagles Part One, History of the Eagles Part Two, juga rekaman konser Eagles Live at the Capital Centre pada Maret 1977, dengan bonus video penampilan Eagles selama dua malam dalam rangkaian tur Hotel California. Part One sempatdiputar di Sundance Film Festival tahun ini. Dirilis dalam format DVD dan Blu-ray, dengan tambahan 40 halaman buku berisi foto-foto.

Eagles menggandeng sutradara dan produser film dokumenter pemenang Oscar, Alex Gibney, serta sutradara Alison Ellwood untuk membuat film dokumenter ini. Banyak arsip rekaman, footage, sesi rekaman, interaksi di belakang panggung, dan foto orisinil The Eagles, dalam berbagai kegiatan, tur, waktu santai, pada era 1971-1980. Selain itu juga wawancara dengan masing-masing personilnya yang memang masih hidup hingga saat ini. Arsip klip video dan musik masing-masing personil pasca-The Eagles bubar sebelum reuni tahun 1994 pun hadir di Part Two-nya.

The Eagles dikenal sebagai kelompok musik yang menggawangi musik rock, country, folk, soft rock, serta country rock. Mereka sangat berjaya di Amerika Serikat dan internasional selama era 1970-an hingga bubar di tahun 1980. Tahun 1994 mereka reuni dan hingga kini masih aktif bermain musik. Raihan prestasi mereka termasuk 7 buah album yang total terjual 150 juta kopi di seluruh dunia. Juga 6 buah piala Grammy, termasuk "Record of The Year" pada 1977 untuk lagu Hotel California. Awalnya mereka direkrut untuk mendukung penampilan penyanyi Linda Ronstadt, sebelum kemudian membentuk band sendiri dengan nama The Eagles.

History of The Eagles mengupas kisah perjalanan kelompok The Eagles, sejak awal terbentuk, sempilan masa kecil masing-masing personel awalnya yang terdiri dari Glenn Frey, Don Henley, Joe Walsh, Randy Meisner, dan Don Felder. Musik-musik populer dan legendaris dari Texas dan Detroit seperti Motown (Smokey Robinson and The Miracles cs), Elvis Presley, komposer Scott Joplin, dan gitaris blues T-Bone Walker, serta tentunya The Beatles menjadi pengaruh untuk akar musikalitas dari tiap personilnya.

Selama perjalanan karier 10 tahun tersebut, Eagles juga banyak berinteraksi dengan musisi lain seperti Joni Mitchell, Jackson Browne, The Flying Burrito Brothers, dan Poco. Bagaimana The Eagles pelan-pelan menggapai sukses lewat lagu-lagu seperti Take It Easy, Desperado, One of These Nights, Take it to the Limits, Best of My Love, Heartache Tonight, Hotel California, hingga Love Will Keep Us Alive.

Bagaimana para groupies dan wanita selalu menemani para rock star, dan akhirnya bagaimana obat-obatan ikut mempengaruhi jatuh bangun dan produktivitas musik dijabarkan melalui pernyataan-pernyataan Henley, Felder, Frey, Walsh, dan Timothy B. Schmidt, yang menggantikan Randy Meisner. Juga konflik dengan manajemen serta label rekaman tentang kontrak yang dinilai merugikan The Eagles, serta memaksa mereka untuk terus melakukan tur demi mendapatkan penghasilan.

Dua jam durasi History of the Eagles Part One rasanya dapat mengobati rasa penasaran terhadap The Eagles karena lumayan lengkap menyajikan rekaman 10 tahun perjalanan mereka. Juga cukup jeli menyorot perpecahan yang menyebabkan The Eagles bubar, dimana gitaris Don Felder sering tak cocok dengan gaya komunikasi dari Frey dan Henley. Pertengkaran mereka yang memuncak saat bertemu senator Alan Cranston, serta penampilan terakhir yang melibatkan penghancuran gitar oleh Felder.

Sayang makna lagu dari Hotel California yang jadi kontroversi tetap tidak dijelaskan oleh Eagles sendiri. Namun sajian penampilan-penampilan live mereka, termasuk indahnya melodi dari paduan gitar Joe Walsh dan Don Felder dalam lagu Hotel California, mengembalikan nostalgia kekayaan musikalitas era rock klasik yang segar.

Sedangkan Part Two banyak bercerita mengenai perjalanan dari masing-masing personil pasca-band The Eagles bubar, sebelum reuni di tahun 1994. Pada tahun 2007, album Long Road Our of Eden terjual lebih dari 5,5 juta keping dan meraih dua piala Grammy. Sebuah kutipan menarik dari rekaman jumpa pers The Eagles saat reuni menggambarkan sikap mereka terhadap narkotika, "You still could be a great band without all that stuff". (*/Ven)

Berita Lainnya :

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions