Pages

Senin, 24 Juni 2013

GATRANEWS - KLIK GATRA BARU BICARA
GATRANEWS, Berita Politik dalam dan Luar Negeri // via fulltextrssfeed.com
Akhirnya, Biang Kebakaran Hutan di Riau Ditahan
Jun 24th 2013, 01:35

Created on Monday, 24 June 2013 08:35 Published Date

Rohil, GATRAnews - Polres Rokan Hilir menangkap dan menahan HP, pemilik lahan ratusan hektare warga Dusun Antara, Kabupaten Rohil, Provinsi Riau, yang diduga melakukan pembakaran di areal miliknya, hingga menjalar ke ribuan hektare lahan sekitarnya.

"Benar, kami telah menahan HP yang dididuga sebagai penyebab terjadinya kebakaran lahan di Dusun Antara, Kecamatan Bangko Pusako dan sekitarnya hingga meluas mencapai ribuan hektare," kata Kapolres Rohil AKBP Tonny Hermawan ketika dihubungi Antara, Minggu (23/6).

Kapolres menerangkan, HP pemilik lahan ratusan hektare di Dusun Antara, Bangko Pusako, ditangkap di Bangko, Sabtu (22/6), setelah polisi melakukan penyelidikan dan menemukan bukti-bukti yang mendukung.

"Petugas menangkap HP bukan didasarkan laporan warga, tetapi hasil penyelidikan kami sendiri," tegasnya.

HP yang dikenal juga sebagai mantan pimpinan BRI di Medan, Sumatera Utara, menurut Kapolres, akan dijerat pasal-pasal yang mengatur tentang lingkungan hidup, namun masih dilakukan pendalaman lebih lanjut.

Kapolres Tony juga menyampaikan imbauan agar warga tetap mewaspadai kemungkinan terjadinya kebakaran hutan dan lahan atau "karhutla", apalagi kini kondisi cuaca sangat panas.

Kepada warga pemilik lahan, Kapolres juga mengimbau agar saat membuka lahan, tidak dilakukan dengan cara membakar karena dampaknya bisa meluas serta membahayakan orang lain dan merusak lingkungan.

"Kalau membuka lahan jangan dengan cara membakar karena bisa sangat berbahaya dan juga merusak lingkungan hidup. Coba lihat, asap di mana-mana dan ini berbahaya bagi kesehatan. Makanya bagi yang terbukti melakukan pembakaran akan kami tindak tegas," tutupnya. (TMA)

Berita Lainnya :

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions