Pages

Minggu, 09 Juni 2013

GATRANEWS - KLIK GATRA BARU BICARA
GATRANEWS, Berita Politik dalam dan Luar Negeri // via fulltextrssfeed.com
Susan Bachtiar : Orang Sakit Susah Cari Informasi
Jun 8th 2013, 09:25

Created on Saturday, 08 June 2013 15:28 Published Date

Susan Bachtiar (GATRAnews/Venny Tania)Jakarta, GATRAnews - Susan Bachtiar kali ini ikut bermain dalam film layar lebar Cinta dari Wamena, yang menceritakan bagaimana kehidupan masyarakat di Wamena, Papua, yang merupakan propinsi dengan tingkat penyebaran HIV terbesar di Indonesia, melalui kacamata para pemudanya. Meski tak sempat syuting di Papua, Susan merasa senang bisa berpartisipasi dalam sebuah film yang memberikan gambaran mengenai situasi nyata tentang HIV di Papua, karena ia memahami orang sakit seringkali bingung mencari informasi yang tepat.

"Kebudayaan masyarakat kita malas membaca, jadi diharapkan dengan nonton film seperti ini bisa lebih gampang dicerna informasi dan edukasinya," kata Susan ditemui di kawasan Epicentrum, Jakarta, jumat (7/6).

Presenter acara TV ini juga menilai informasi untuk masyarakat Indonesia masih kurang mengenai apa sebenarnya HIV dan AIDS itu. Masih banyak masyarakat yang mengucilkan Orang Dengan HIV AIDS (ODHA), karena berpikir penyakit AIDS akan menular melalui udara. "Pemerintah seharusnya lebih concern menyediakan wadah penampungan buat orang bertanya, mungkin buat orang tua atau bayi yang kena HIV harus kemana. Saya lihat dan survey, pemerintah susah memberikannya," ujar duta dari Yayasan Jantung Indonesia ini.

Pengalaman ayah Susan yang menderita penyakit diabetes juga menunjukkan kurangnya informasi mengenai bahaya dan gejala penyakit tertentu akan membuat bingung. "Mereka yang bingung perlu sarana untuk mendapat informasi. Mungkin beberapa institusi swasta sudah membantu memberi obat gratis dan bimbingan kepada penderita. Tapi pemerintah kurang sekali," demikian Susan. (*/Ven)

Berita Lainnya :

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions