Pages

Jumat, 21 Juni 2013

GATRANEWS - KLIK GATRA BARU BICARA
GATRANEWS, Berita Politik dalam dan Luar Negeri // via fulltextrssfeed.com
Kasus Pajak, Messi Diperintahkan Hadiri Persidangan
Jun 20th 2013, 19:08

Created on Friday, 21 June 2013 02:08 Published Date

Lionel Messi (REUTERS/Marcos Brindicci)Madrid, GATRAnews - Penyerang Argentina Lionel Messi dan ayahnya Jorge pada Kamis (20/6) diperintahkan untuk menghadiri persidangan di pengadilan Barcelona pada September setelah para jaksa penuntut Spanyol menuduh kedua orang itu melakukan kecurangan pajak. Sebelumnya, media Spanyol melaporkan bahwa hakim yang memeriksa telah menjatuhkan dakwaan resmi kepada pasangan ayah dan anak itu, namun surat perintah yang ada memperlihatkan bahwa kedua orang itu harus memberi kesaksian.

Hakim telah menerima keluhan dari penyelidik kasus pajak Catalunya, yang menuding pemain terbaik dunia yang bermain di Barcelona dan ayahnya itu mencurangi kantor pajak Spanyol sebesar lebih dari 4 juta euro.

"Hakim telah menerima keluhan yang diserahkan oleh jaksa penuntut terhadap Lionel Messi dan Jorge Horacio Messi untuk tiga tuduhan kriminal terhadap otoritas pajak," demikian bunyi pernyataan pengadilan Barcelona seperti dikutip Antara.

"Penerimaan kasus ini merupakan langkah lanjutan setelah keluhan diserahkan. Pengadilan dapat mulai menyelidiki dan mencapai kesimpulan apakah ini merupakan kriminal atau bukan."

"Hakim meminta pihak tertuduh memberi kesaksian pada 17 September."

Pada sistem hukum Spanyol, jika hakim menentukan bahwa terdapat bukti-bukti yang cukup untuk menjatuhkan dakwaan, ia akan melakukannya dan kemudian memprosesnya dengan penyelidikan pra persidangan.

Keluhan ini terkait dengan tiga periode pajak yakni pada 2007, 2008, dan 2009, kata pengadilan.

Dua pekan silam, kantor jaksa penuntut mengatakan pendapatan dari penjualan hak-hak citra Messi disembunyikan dari otoritas Spanyol melalui jaringan perusahaan yang rumit di Uruguay, Belize, Swiss, dan Inggris Raya.

Baik Messi maupun ayahnya dapat menghadapi hukuman empat tahun penjara jika dinyatakan bersalah, menurut hukum Spanyol.

"Kami mempelajari bahwa tindakan ini dimulai oleh jaksa penuntut Spanyol melalui media," kata Messi yang lahir di Rosario, yang menjadi warga Barcelona sejak 2000 dan mendapat kewarganegaraan Spanyol pada 2005, dalam pernyataan yang tertulis di halaman Facebook resminya.

"Ini adalah sesuatu yang mengejutkan kami, sebab kami sama sekali tidak pernah melakukan pelanggaran," demikian Reuters. (EL)

Berita Lainnya :

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions