Pages

Minggu, 16 Juni 2013

GATRANEWS - KLIK GATRA BARU BICARA
GATRANEWS, Berita Politik dalam dan Luar Negeri // via fulltextrssfeed.com
Hassan Rohani Gantikan Ahmadinejad
Jun 16th 2013, 00:00

Created on Sunday, 16 June 2013 07:00 Published Date

Teheran, GATRAnews - Kementerian Dalam Negeri Iran mengatakan bahwa Dr Hassan Rohani memenangkan Pemilihan Presiden ke-11 di Iran dan menjadi Presiden ke-delapan Republik Islam itu.

Menteri Dalam Negeri Iran Mohammad Najjar mengatakan dalam sebuah konferensi pers yang digelar pada Sabtu bahwa "Rohani memenangkan mayoritas suara, memperoleh 17.613 juta suara dari 35.458 juta suara sah," katanya. Najjar menambahkan, seperti dilaporkan Antara, bahwa jumlah pemilih mencapai 72,7 persen.

Dr Hassan Rohani lahir pada tahun 1948 di kota Sorkheh di Provinsi Semnan. Dia berasal dari keluarga yang sudah lama dikenal karena berjuang melawan kekuasaan rezim Shah.

Rohani berpartisipasi dalam mengorganisir tentara Iran, ia terpilih menjadi anggota di Dewan Syura selama lima periode antara tahun 1980 sanpai 2000 dan merupakan Ketua Dewan selama 16 tahun 1989-2005.

Rohani adalah penasehat Presiden Hashemi Rafsanjani dan Mohammad Khatami. Pada tahun 2003, ia adalah wakil Iran untuk negosiasi dengan pihak Eropa mengenai file nuklir Iran. 

Pemilihan presiden Iran untuk menggantikan Presiden Ahmadinejad dimulai pada Jumat dan sempat diundur beberapa jam diikuti oleh sekitar 50 juta pemilih. 

Enam kandidat yang mencalonkan diri dalam pemilihan presiden adalah Ketua Dewan Kebijaksanaan Pusat untuk Strategic Penelitian Hassan Rohani, Sekjen Dewan Keamanan Nasional Tertinggi Saeed Jalili, Sekretaris Dewan Kebijaksanaan Mohsen Rezaei, Walikota Teheran Mohammad Baqer Qalibaf, mantan menteri luar negeri Ali Akbar Velayati, dan mantan menteri telekomunikasi Mohammad Gharazi.

Mantan Ketua Majlis Gholam Ali Haddad Adel dan mantan wakil presiden pertama Mohammad Reza Aref menarik pencalonan mereka pada awal pekan ini. (Dh)

Berita Lainnya :

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions