Pages

Senin, 24 Juni 2013

BBCIndonesia.com | Berita
// via fulltextrssfeed.com
Polisi Riau tangkap tersangka pembakaran lahan
Jun 24th 2013, 06:26

asap

Kedua tersangka diduga membakar lahan di Bengkalis dan Rokan Hilir

Kepolisian Daerah Provinsi Riau mengatakan telah menangkap dua orang yang diduga melakukan pembakaran lahan di dua kawasan.

Juru bicara Kepolisian Daerah Riau, AKBP Hermansyah mengatakan kedua orang itu ditangkap di daerah terpisah masing-masing berinisial S di Bengkalis dan HP Rokan Hilir.

"S ini melakukan pembakaran lahan kemudian meninggalkan lahan tapi waktu pembakaran itu ada saksi yang melihatnya," kata Hermansyah seperti dilaporkan wartawan BBC Indonesia Andreas Nugroho yang berada di Pekanbaru.

"Akibat pembakaran dia ini kemudian menjalar ke mana-mana akhirnya menjalar ke lahan milik ke PT MJ dan ada 58 pokok sawit yang terbakar di lahan satu hektar lebih."

Sementara kasus yang terjadi di Rokan Hilir, pelaku juga melakukan hal yang sama.

"HP ini membuka lahan seluas 65 hektar dengan cara membakar namun kemudian pembakaran itu tidak terkendali dan menghanguskan sampai 400 hektar, tapi ada yang melihat, dilaporkan polisi dan kemudian ditangkap," tambahnya.

Kedua kasus ini telah disidik oleh polisi masing-masing wilayah.

Polisi mengatakan keduanya merupakan pemilik lahan perorangan dan tidak terkait perusaan perkebunan manapun.

Sejauh ini polisi belum melakukan penanganan terhadap delapan perusahaan asal Malaysia yang pernah disebut oleh Kementerian Lingkungan terindikasi melakukan pembakaran lahan dan hutan.

"Lebih baik tanya ke KLH saja, kami tetap membantu, mereka punya PPNS dan bisa melakukan penyidikan serta penyelidikan," jelas Hermansyah.

Kementerian Lingkungan Hidup sebelumnya mengatakan mereka mengindikasikan delapan perusahaan asal Malaysia terlibat pembakaran karena ada sejumlah titik api di lahan milik mereka.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions