Pages

Minggu, 09 Juni 2013

BBCIndonesia.com | Berita
// via fulltextrssfeed.com
Pesepeda telanjang macetkan jalanan Meksiko
Jun 9th 2013, 09:12

Pesepeda telanjang

Pesepeda telanjang ini membikin macet jalanan Meksiko.

Sedikitnya ratusan orang sengaja naik sepeda tanpa pakaian di jalan-jalan di kota Mexico City untuk memperingati gerakan Naik Sepeda Telanjang Dunia.

Gerakan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya olahraga bersepeda serta kampanye upaya mengurangi ketergantungan pada bahan bakar minyak.

Sementara panitia kegiatan unik ini mengatakan bersepeda tanpa baju juga menunjukkan ringkihnya tubuh manusia sehingga diharapkan para pengguna kendaraan di jalanan memperhatikan keamanan pengendara sepeda di jalanan kota-kota yang padat.

Gerakan tidak biasa ini sudah dimulai sembilan tahun lalu di Kanada dan kemudian selalu diperingati setiap tahun di berbagai kota berbeda di dunia.

Lalu lintas di Mexico City terhenti sama sekali saat pengguna jalan terpana oleh pemandangan sepeda-sepeda yang dikendarai orang-orang tanpa busana. Penonton juga sibuk mengabadikan pemandangan langka ini: ada yang telanjang bulat ada yang menutup sebagian tubuhnya.

Rombongan para pesepeda meliwati berbagai lokasi bersejarah di kota itu dan kemudian berakhir di Lapangan Zocalo.

Meski di Mexico City sudah ada kebijakan ramah sepeda, namun jutaan kendaraan bermotor memadati jalan-jalan di sana tiap hari sehingga penunggang sepeda kesulitan melakukan kegiatannya.

Seorang pengguna sepeda, yang hanya mau disebut sebagai Mila, mengatakan bersepeda telanjang adalah cara terbaik menularkan pesan ke seluruh penjuru.

"Di Meksiko mengendarai sepeda adalah sebuah mimpi buruk," kata Mila. "Hampir seperti Anda tak nyata, Anda seperti mahluk halus."

Pengendara sepeda lain Yovana Floyd menambahkan: "Kami takut menggunakan jalan setiap hari khawatir kami tak selamat pulang ke rumah."

Menurut media massa di Meksiko sekitar 300 pengendara sepeda ambil bagian dalam aksi demonstrasi ini.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions