Pages

Senin, 17 Juni 2013

BBCIndonesia.com | Berita
// via fulltextrssfeed.com
Pemerintah 'siap' kendalikan dampak harga BBM
Jun 17th 2013, 07:03

Anti kenaikan harga BBM

Aksi demo juga berlangsung di berbagai daerah dimotori buruh dan mahasiswa.

Pemerintah mengatakan akan menyalurkan bantuan langsung sementara mandiri, BLSM begitu DPR mengesahkan RAPBN 2013 yang berisi opsi penaikan harga BBM.

Menteri Perencanaan Pembangunan/ Kepala Bappenas Armida Alisjahbana mengatakan hampir 18.000 desa akan menjadi penerima dana bantuan BLSM ini.

"BLSM paling lambat disalurkan Juli, tapi presiden ingin penyaluran dilakukan seiring dengan pengumuman kenaikan harga BBM," kata Armida disela-sela rapat paripurna DPR untuk mengesahkan RAPBN-Perubahan 2013.

Armida juga mengatakan pasca disahkannya RAPBN 2013, pemerintah telah menyiapkan sejumlah rencana untuk membantu warga yang terkena dampak kenaikan harga BBM.

"BLSM yang satu bulan (bernilai) sebesar RP1,25 triliun itu dipakai untuk pembangunan infrastruktur dasar, Rp500 miliar untuk belanja modal Kementrian Pekerjaan Umum dan kemudian ada belanja lain."

Seperti dilaporkan wartawan BBC dari DPR, Andreas Nugroho, Armida mengklaim pemerintah telah siap melaksanakan semua rancangan yang diajukan dalam RAPBN tersebut.

Dalam alasan yang disampaikan pada DPR antara lain pemerintah mengatakan penaikan harga BBM diperlukan karena neraca perdagangan Indonesia kembali defisit sebesar US$1,62 miliar pada April 2013.

Salah satu pendorong defisit menurut pemerintah adalah naiknya angka impor migas sebesar 9,5 persen dari US$3,6 miliar pada Maret menjadi US$3,9 miliar pada bulan April lalu.

Hingga pukul 12.00 tadi Rapat Paripurna telah mendengarkan pandangan dua fraksi, fraksi Partai Hanura dan Gerindra.

Fraksi Hanura mengatakan menolak pengesahan RAPBN-P 2013 sementara Fraksi Gerindra dalam pandangannya mengatakan mereka menolak adanya BLSM namun menyerahkan rencana penaikan BBM kepada Pemerintah.

Sementara itu ancaman kelompok buruh untuk membanjiri Jakarta dengan aksi demo belum nampak siginifikan.

Ratusan orang perwakilan kelompok buruh hingga siang ini bertahan di depan gedung DPR menuntut batalnya kenaikan harga BBM.

Cuaca mendung dan guyuran hujan di seputar wilayah Jakarta sejak Senin (17/06) dini hari nampaknya cukup mengganggu rencana aksi demonstrasi tersebut.

Sementara di sejumlah kota lain, selain buruh, elemen mahasiswa juga melancarkan aksi serupa.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions