Pages

Kamis, 13 Juni 2013

BBCIndonesia.com | Berita
// via fulltextrssfeed.com
Konflik Suriah, 93.000 orang tewas
Jun 13th 2013, 10:25

Kuburan di Suriah

Komisaris HAM PBB menyebut jumlah korban tewas di Suriah mengejutkan.

PBB mengatakan sedikitnya 93.000 orang tewas di Suriah, termasuk 1.700 anak di bawah 10 tahun, sejak konflik pecah pada Maret 2011.

Data yang diterbitkan pada Kamis (13/06) ini 30.000 lebih banyak dari perkiraan terakhir yang dikeluarkan Januari lalu, yang menyebutkan 5.000 meninggal dunia setiap bulan.

PBB meyakini angka sebenarnya lebih tinggi karena banyak kematian yang tidak dilaporkan.

"Pembunuhan terus menerus berlangsung dengan tingkat yang mengejutkan rata-rata 5.000 orang setiap bulan sejak Juli tahun lalu, termasuk pembunuhan baru sebanyak 27.000 orang sejak Desember 2012," kata Komisaris Hak Asasi Manusia PBB Navi Pillay pada Kamis (13/06).

"Malangnya seperti yang tercermin dalam laporan penelitian, data yang ada kemungkinan merupakan jumlah minimum. Jumlah mereka yang tewas kemungkinan jauh lebih tinggi," tambahnya.

"Terdapat juga kasus-kasus yang didata dengan baik tentang anak-anak yang disiksa dan dibunuh, dan seluruh anggota keluarga termasuk bayi dibantai. Kesemuanya ini mengingatkan kita pada betapa kejam konflik tersebut."

Komisaris Hak Asasi Manusia PBB Navi Pillay mengatakan lebih 80% dari korban tewas adalah laki-laki. Terdapat sekitar 7.000 korban tewas di kalangan anak, termasuk 1.700 anak di bawah usia 10 tahun.

"Terdapat juga kasus-kasus yang didata dengan baik tentang anak-anak yang disiksa dan dibunuh, dan seluruh anggota keluarga termasuk bayi dibantai. Kesemuanya ini mengingatkan kita pada betapa kejam konflik tersebut," jelas Pillay.

Data terbaru jumlah korban konflik di Suriah dikeluarkan sehari setelah laporan terpisah PBB menyebut jumlah kematian anak-anak di Suriah "mengerikan".

Hasil penelitian menunjukkan baik pasukan pemerintah maupun pasukan pemberontak menggunakan anak-anak sebagai "pengebom bunuh diri atau tameng manusia".

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions