Pages

Kamis, 20 Juni 2013

BBCIndonesia.com | Berita
// via fulltextrssfeed.com
Kabut asap Singapura bisa beberapa pekan
Jun 20th 2013, 15:07

Singapura

Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong memperingatkan kabut asap yang melanda negara itu bisa berlangsung selama beberapa pekan.

Indeks polusi udara, API, di negara kota itu pada Kamis, 20 Juni, sempat mencapai titik tertinggi pada 371 sebelum turun kembali ke 300.

Kabut asap ini disebabkan kebakaran hutan di Pulau Sumatra dan dalam konferensi persnya, Lee Hsien Loong mengatakan kabut asap berlangsung bisa jadi lebih panjang sampai musim kering berakhir di Sumatra.

"Kita tidak bisa mengatakan bagaimana masalah ini akan berkembang karena tergantung pada kebakaran, tergantung pada cuaca, tergantung pada angin."

"Dengan mudah bisa berlangsung selama beberapa pekan dan amat mungkin lebih lama lagi sampai musim kering di Sumatra berakhir mungkin September atau Oktober," tambahnya.

Lee juga meminta agar warga Singapura berdiam di dalam rumah dan menghindari kegiatan di tempat terbuka.

"Itu bukan diinginkan oleh bangsa Indonesia, itu karena alam."

Pemerintah Singapura juga akan memberikan keterangan harian terkait dengan situasi kabut asap, sementara menara pengawas lalu lintas udara diminta untuk bekerja dengan lebih berhati-hati karena kondisi pandang yang buruk.

Bencana kabut asap di Singapura ini sempat menyebabkan saling tuduh antara Indonesia dan Singapura.

Para pejabat lingkungan kedua negara sudah melakukan pertemuan darurat di Jakarta dan Singapura menuntut tindakan dari Jakarta.

"Tidak ada negara maupun perusahaan yang memiliki hak untuk mencemarkan udara dengan korban kesehatan dan kesejahteraan rakyat Singapura," tegas Menteri Lingkungan dan Sumber daya Air Singapura, Dr Vivian Balakrishnan.

Namun Menteri Kooridnator Kesejahteraan Rakyat Indonesia, Agung Laksono, meminta agar Singapura tidak bertindak kekanak-kanakan.

"Itu bukan diinginkan oleh bangsa Indonesia, itu karena alam," tegasnya.

Sementara di Malaysia, hari Kamis pihak berwenang di kota Muar, negara bagian Johor Klik menutup sekolah-sekolah untuk sementara waktu karena gangguan kabut asap yang kadarnya sudah melewati ambang bahaya.

Kementerian Lingkungan Malaysia juga sudah mengeluarkan larangan agar warga tidak membakar apapun di tempat terbuka. Larangan berlaku di beberapa negara bagian.

Singapura

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions