Pages

Jumat, 14 Juni 2013

BBCIndonesia.com | Berita
// via fulltextrssfeed.com
Jumlah pelanggaran di Liga Primer turun cukup tajam
Jun 14th 2013, 09:51

Liga Primer

Jumlah kartu merah dan kuning di Liga Primer cenderung menurun dalam beberapa musim terakhir.

Jumlah pelanggaran yang dilakukan para pemain di Liga Primer Inggris turun 22% sejak 2006, demikian data yang didapat BBC Sport dengan menganalisis statistik pertandingan yang dihimpun Opta.

BBC menganalisis data ini setelah manajer Arsenal Arsene Wenger dan mantan manajer Manchester United Alex Ferguson mengeluh bahwa pertandingan di Liga Primer semakin mengandalkan faktor fisik.

Namun data menunjukkan pada musim kompetisi 2012-2013 jumlah pelanggaran mencapai 8.562 atau rata-rata 22,5 pelanggaran per satu pertandingan, sementara untuk musim 2005-2006 angka pelanggaran 10.886 atau 28,6 pelanggaran per satu pertandingan.

Mengomentari penurunan ini, Mike Riley, mantan wasit di liga Inggris yang sekarang aktif di lembaga yang mengurusi ofisial pertandingan, mengatakan penurunan pelanggaran membuat tendangan bebas yang diambil makin berkurang, dan ini semua membuat pertandingan menjadi lebih enak untuk ditonton.

Lebih menghibur

"Pertandingan menjadi lebih lancar, lebih sedikit gangguan, dan lebih menghibur," kata Riley.

Ia juga tidak terlalu mengkhawatirkan aspek fisik di Liga Primer dalam beberapa musim terakhir.

"Dari sisi pemain, kampanye dan penyuluhan semacam ini membuat kami makin sadar dengan pentingnya bermain secara fair dan menghindari keributan di lapangan."

"Ada keseimbangan antara fisik dan kesadaran untuk melindungi pemain-pemain lawan," katanya.

Satu klub yang dianggap terlalu banyak mengandalkan faktor fisik adalah Bolton.

Para pemain dari klub ini sering menempati urutan teratas pemain yang melakukan pelanggaran terbanyak.

Mantan penyerang Bolton, Kevin Davies, mengatakan bahwa sepak bola adalah cabang olahraga yang secara alamiah memang melibatkan banyak kontak fisik.

"Anda bisa lihat sendiri, kalau ada tackle yang bagus, yang tidak ditujukan untuk melukai lawan, akan mendapat apresiasi penonton di stadion," kata Davies.

Jumlah kartu merah

Kevin Davies

Kevin Davies mengatakan pemain makin sadar untuk lindungi sesama pemain.

Tentang kecenderungan turunnya angka pelanggaran dalam beberapa musim terakhir, Davies mengatakan ini juga disebabkan oleh kampanye asosiasi sepak bola Inggris (FA) tentang pentingnya melindungi lawan.

"Ada banyak prakarsa dan skema yang diluncurkan FA. Para wasit juga menggelar pertemuan dengan pemain-pemain klub, terutama di awal musim tentang peraturan-peraturan baru yang terkait dengan pelanggaran di lapangan," jelas Davies.

"Dari sisi pemain, kampanye dan penyuluhan semacam ini membuat kami makin sadar dengan pentingnya bermain secara fair dan menghindari keributan di lapangan," katanya.

Kesadaran semacam ini membuat angka kartu merah yang dikeluarkan pada musim 2012-2013 adalah yang terendah dalam 16 tahun terakhir.

Pada musim lalu wasit mengeluarkan 52 kartu merah, sama banyaknya dengan yang dikeluarkan pada musim 2006-2007.

Rekor terendah adalah 44 kartu pada musim 196-1997 dan yang tertinggi adalah 73 kartu yang tercatat pada musim 2005-2006.

"Faktor terbesar penurunan ini adalah perubahan sikap pemain. Kita harus mengucapkan selamat kepada mereka," kata Riley.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions