Pages

Kamis, 13 Juni 2013

BBCIndonesia.com | Berita
// via fulltextrssfeed.com
Alur es terlihat di Mars
Jun 13th 2013, 02:23

marsgullies

Setiap musim dingin, bagian selatan Mars diselimuti lapisan es kering setebal lebih dari satu meter.

Jejak panjang berbentuk seperti alur es terlihat di permukaan planet Mars.

Jejak itu diperkirakan terbentuk bukan dari air, melainkan dari karbon monoksida atau yang biasa disebut es kering, kata para ilmuwan.

Material pembentuk jejak ini tampaknya telah mengaliri bukit pasir di planet merah itu pada bantalan gas karbon dioksida.

Panjangnya bervasiasi dari mulai beberapa ratus meter hingga 2,5 km.

Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Icarus ini menampilkan gambar-gambar dari satelit Mars Reconnaissance milik Badan Antariksa Amerika Serikat Nasa.

Para ilmuwan mengatakan bahwa alur itu ditemukan selama musim dingin yang beku di Mars.

Jadi, pada setiap musim dingin, bagian selatan planet ini diselimuti oleh lapisan es kering yang tebalnya lebih dari satu meter.

Namun pada musim semi, lapisan ini menyublim dari bentuk padat menjadi gas.

"Jejak parit linear ini tidak seperti yang selama ini ada di bumi atau di bagian lain di Mars, dan ini tidak akan terjadi di planet bumi," kata Serina Diniega, ilmuwan Nasa yang juga memimpin penulisan penelitian ini.

"Kita tidak bisa mendapat es kering di bumi kecuali kalau beli."

Untuk menguji apakah es bisa membuat alur seperti itu, para ilmuwan mengambil sampel blok tersebut dan meluncurkannya di bukit pasir di negara bagian Utah dan California.

Tes mereka menemukan bahwa blok es yang mencair itu memisahkan pasir menjadi beberapa bagian kecil yang meluncur menuruni bukit pasir.

Meski pun perbandingan ini tidak dapat menjelaskan suhu dan tekanan di Mars, para peneliti yakin blok es bisa berperilaku sama pada awal musim semi yang lebih hangat di Mars.

Asisten penelitian itu, Candice Hansen dari Planetary Science Institute di Tucson, Arizona mempelajari dampak musiman CO2 di planet ini dan menyatakan bahwa ini adalah alur unik yang ditemukan hanya di planet itu.

"Penelitian Mars Reconnaissance Orbiter menunjukkan bahwa planet ini sangat aktif. Sebelumnya, beberapa kejadian alam yang kita lihat di Mars dapat juga dijumpai di bumi, tapi yang satu ini sangat khas hanya dimiliki planet ini," kata dia.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions